Melihat Singapura dari Ketinggian


Di sini bukan melihat dari atas pesawat loh baik saat mau terbang ataupun mendarat di Bandara Changi. Melainkan dari Singapore Flyer (SF).

SF merupakan wahana kincir raksasa yang dapat berputaar 360°, setinggi 165 m atau sekitar lantai 42 gedung bertingkat. Terdiri dari 28 kapsul di mana masing-masing kapsul bisa memuat 28 pengunjung. Dari atas kita dapat melihat Marina Bay, Pit stop F1, Merlion Park, Venue Youth Olympic, kapal laut di lautan dll. Semua itu dapat dinikmati dalam 1 putaran dengan durasi 30 menit, seharga SGD 29,5 (sekitar IDR 200.000) untuk dewasa dan SGD 20,65 untuk anak-anak. Stasiun MRT terdekat adalah City Hall.

Awalnya aku tidak yakin akan masuk ke SF. Ide awalnya hanya berjalan mengelilingi Merlion – Esplanade – SF – Marina Bay Sands. Cuaca siang itu cukup panas, apalagi belum makan siang. Jadi cukup wajar jika aku sedikit jalan, banyak berhenti hahahaha.

Setelah sampai area SF, akhirnya kuputuskan untuk masuk / naik wahana ini. Memang mahal. Tapi setelah dipikir-pikir sudah 3 kali ke Singapura tapi belum naik SF. Apa kata orang nanti🙂 Setelah menghitung ulang sisa modal dollar, terbeli juga tiket SF. Eh dapat vocer untuk ditukarkan es krim di Robert’s Coffee. Alhamdulillah…

This slideshow requires JavaScript.

Untuk naik wahana, kita harus naik ke level 2. Tiket akan di-scan di pintu masuk. Setelah itu tas kita dicek dengan melewati pintu sensor. Dari pintu masuk ternyata masuk harus jalan. Aku pun kemudian ditawari foto. Foto boleh ditebus, boleh tidak. Setelah foto, diberi kupon / nomor bukti foto dan lanjut jalan menuju pintu kapsul.

Hari itu cukup sepi. Kita akhirnya masuk kapsul tanpa pengunjung lain. Oh romantisnya…. Hoho…
Memang agak pasang strategi sih.. saat antri di pintu kapsul jangan terlalu dekat dengan pengunjung di depan. Nanti di gabung loh. Dan berhubung di belakangku tidak ada antrian, maka benar-benar kapsul milik kita berdua. Hahaha…

Masuk kapsul dari sebelah kiri. Wahana berputar kiri ke kanan, searah jarum jam. Ada beberapa penjaga yang berbadan tegap. Selain sebagai petugas keamanan mereka mungkin bertugas sebagai petugas penolong jika terjadi keadaan darurat. Terbayang tidak, jika wahana macet dan kita berada di titik tertinggi ?🙂

Di atas wahana ini kita bisa melihat Singapura dari atas. Semakin sadar negeriku harus lebih bekerja keras. Rasa takjub ini berakhir saat kapsul sudah berkeliling 1 putaran penuh dan kembali ke titik awal. Itu tandanya waktu sudah habis dan aku harus keluar melalui pintu kanan.

Sesaat aku keluar dari kapsul, aku cukup kaget melihat 2 petugas wanita dengan cukup sigap langsung memasuki kapsulku. Rupanya mereka memeriksa jikalau ada barang pengunjung yang tertinggal. Dan yang lebih penting jika barang yang tertinggal itu membahayakan. Prosedur yang bagus !!

Di pintu keluar aku langsung memasuki ruangan suvenir. Di sana aku bisa melihat hasil foto dengan menunjukkan kupun foto tadi. Ternyata 1 foto dijual SGD 6. Di toko itu terdapat berbagai suvenir, tentunya dengan beragam logo / motif SF.

Setelah turun ke level dasar, tak lupa aku menukar vocer es krim di dekat loket tiket. Rasa es krim yang nikmat lumayan untuk sedikit menghapus dahaga di siang itu.

Keluar dari arena SF, aku menyusuri jalan yang dipakai untuk lintasan balapan F1 Singapore. Masih ada bekas-bekas
rem di tikungan balapan yang berlangsung 26 September 2010 lalu.

Dari SF perjalanan di lanjutkan jalan lagi menuju Marina Bay Sands. Walau belum jadi 100%, tapi sudah dibuka untuk umum. Hebat !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: