Horee.. Paspor sudah jadi

Teringat promo tiket murah : book now, think later.

Paspor dalam bahasa resminya adalah Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI). Mungkin bagi pembaca sudah tidak asing lagi mengurus paspor. Bagiku, hal yang ‘membanggakan’ saat membuat paspor kali ini adalah : buat paspornya ngurus sendiri, tanpa lewat pihak ketiga loh !!

Begini ceritanya :
Hari 1 : ambil formulir, bayar Rp 6 ribu.
Hari 2 : masukin formulir + syarat, lalu dapat lembar pemberitahuan untuk foto 2 hari kemudian. Sebenarnya kita beli dan serahkan formulir jika syarat sudah dibawa lengkap. Apa saja syaratnya ?
a. Kopian akte kelahiran, KTP, kartu keluarga, buku nikah (kalau sudah menikah)
b. Surat keterangan kerja (jika pegawai)
c. Surat keterangan kedua orang tua (untuk anak)
Bawa yang asli juga ya.

Hari 4 : bayar di kasir Rp 270 ribu, dengan rincian : Foto Rp 200 ribu, TI Rp 55 ribu, sidik jari Rp 15 ribu. Kemudian foto, ambil sidik jari dan wawancara, lalu dapat lembar pemberitahuan untuk pengambilan paspor 10 hari kemudian.
Hari 14 : inilah hari yang dijanjikan paspor jadi. Eits.. jangan senang dulu. Biasanya sering molor waktunya. Biar tidak mondar-mandir ke kantor imigrasi (buang-buang uang dan tenaga), sebaiknya cek dulu di internet : http://ipass.imigrasi.go.id:8080

- Pilih status permohonan
Awal

- Masukkan nomor permohonan atau nama dan tanggal lahir
- Masukkan kode verifikasi (yang kadang susah bacanya hehehhee..)

- Lalu.. muncul deh datanya, lihat statusnya :

Identifikasi Biometrik dan Cekal.
Bio

Scan Tandatangan.
Scan

Hari 15 : akhirnya jadi deh !! tentunya sebelumnya ngintip dulu di internet. Ada perubahan dari paspor lama. Paspor yang baru, halaman foto dan data diberi semacam lapisan plastik. Mungkin biar tidak rusak kalau kena air ya ?

Serahkan Paspor
Serahkan

Note : hari Sabtu, Minggu dihitung ya.

Secara umum petunjuk pembuatan sudah jelas dan beberapa sudah di berikan visualisasi gambar, nomor antrianpun sudah dikomputerisasi. Namun masih perlu kerja keras semua pihak untuk membuat praktek di lapangan sesuai dengan teorinya.

Yang pasti aku puass.. tidak keluar uang sepeser pun untuk ‘hal-hal lainnya’.

Eniwei, aku punya usul nih :
Bagaimana kalau pembuatan paspor yang melalui ‘pihak ketiga’ dilakukan di hari khusus, misalnya Sabtu ?
Jadi tidak mengganggu dan mengambil hak-hak pemohon yang melalui jalur normal.
Uang lembur buat petugas di hari Sabtu ? Ya ambil saja dari uang jasa pihak ketiga :)

About these ads

9 Responses to Horee.. Paspor sudah jadi

  1. farhad says:

    Manstabs bro….
    nih artikel yg aku tunggu-tunggu :)

    btw, di hari ke empat ada proses wawancara. wawancara mengenai apa ya ?

    • donniku says:

      Wawancara untuk mengecek data kita sudah benar tidak plus tanda tangan.
      Kadang nanya mau kemana.

      Jadi kapan mau bikin ? Ntar kuantar deh.. tapi jangan lupa makan siangnya ya hehhehe…

      Thanks udah mampir.

  2. Afif says:

    Status “Serahkan Paspor” itu artinya paspor sudah jadi dan bisa diambil ya?

    Punya saya statusnya sudah begitu tp masih belum yakin, soalnya kalimat statusnya seperti itu bukan seperti “Paspor jadi” misalnya..

    Great Thanks!!

    • donniku says:

      Mas Afif, tulisan di atas berdasarkan pengalaman saya. Dan saya bukan petugas imigrasi / yang mengurusi web tersebut :)

      Menurut saya sih status Serahkan Paspor sudah benar. Sedangkan Paspor Jadi, tapi kalau belum saatnya diserahkan gimana ?
      Mungkin yang lebih pas : Silahkan ambil paspor :)

      Terima kasih ya atas kunjungannya…

      • Afif says:

        Iya mestinya “Paspor sudah jadi, buruan ambil ya!” hehehe :D

        Makasih infonya ya.. :)

  3. Setyo Sumono says:

    Mas, aku urus paspor sudah menjelang hari ke-12 status nya koq masih scan tandatangan.
    Ini berarti belum jadi ya….., hrs tunggu sampai status Serahkan Paspor. Makasih infonya

    • donniku says:

      Thanks sudah mampir.
      Kalau tidak buru-buru, ditunggu saja. Toh saya total juga 15 hari :)
      Kalau ada waktu, tidak salah juga kalau di cek langsung ke kantor imigrasi.

  4. Setyo Sumono says:

    Terimakasih mas, kalau langsung tanya ke loket bisa di omelin….katanya kan ada pengumuman utk check status lewat SMS, cuman gak dijelasin status kalau sudah jadi tandanya apa ?, apa scan tandatangan sudah dibilang selesai, untung saya mampir di blog sampeyan, sehingga saya tahu bahwa saya tetep hrs tunggu sampai ada status “Serahkan Paspor”.
    Memang saya salah memilih kantor imigrasinya hrsnya di wilayah Jakarta Timur sesuai dg KTP saya, disamping Jakarta Selatan Klas-I, juga sangat padat dan ramai.
    Saya ambil nomor antrian jam 9 pagi dipanggil utk verifikasi data jam 16.30 sore, sangat melelahkan untuk menunggu.
    Oke mas, terimakasih sekali lagi dg mampir disini jadi tahu status saya tetep hrs menunggu…..

  5. intan says:

    punyaku statusnya masih “identifikasi biometrik dan cekal”, brarti masih lama ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: